Jumat, 20 April 2012

Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google

| |
Kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana Cara Submit URL Blog Ke Search Engine Google
Artikel kali ini disadur dari halaman bantuan dan dukungan google dengan judul aslinya "Ask Google to crawl a page or site". Ada kemungkinan juga terjadi perbedaan tentang cara kita memahami dan mengaplikasikan tips tersebut. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengunjungi link sumber tersebut agar bisa lebih memahami tentang cara Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google ini dengan baik.

Secara default, kita sama sekali tidak perlu melakukan Submit URL Blog ke Search Engine Google. Walau tidak di-submit sekalipun, google pasti akan mengindeks setiap halaman web dengan menggunakan software google yang bernama "spider". Bahkan, sebagaian besar halaman yang terindeks di Google bukan karena di submit secara manual oleh pemilik url blog atau siapapun, tapi karena kemampuan spider meng-crawl setiap halaman web. Lalu kenapa kita perlu juga Submit URL Blog ke Search Engine Google secara manual?

Ada dua sebab yang mendasari saya dan mungkin juga sobat sekalian untuk melakukan Submit URL Blog ke Search Engine Google secara manual.
  1. Hal ini direkomendasikan oleh Google seperti pada halaman sumber diatas.
  2. Ada beberapa url yang sebelumnya sudah ter-indeks, tapi setelahnya hilang atau tidak terindeks lagi. Bahasa gaulnya "masuk google sandbox".
Pada halaman sumber tersebut ada dua cara yang bisa dilakukan oleh kita untuk Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google. Cara pertama adalah dengan submit url blog melalui link https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Link ini hanya bisa dibuka pada posisi login. Cara ini adalah cara yang sama seperti pada artikel Alternatif Ping Untuk Indeks Google. Kita bisa menggunakan cara ini bila url blog yang kita submit bukan url blog yang kita kelola seperti yang saya lakukan ke beberapa url blog sobat Laras May beberapa waktu lalu. Namun jika kita ingin Cara Submit URL Blog kita sendiri ke Search Engine Google, maka google lebih merekomendasikan untuk menggunakan fitur "Fetch as Googlebot" di Webmaster Tool.

Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google via Fetch as Googlebot
  • Klik Blog yang ingin url-nya di submit ke Search Engine Google.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Pada sidebar kiri, klik menu Diagnostic > Fetch as Googlebot.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Dalam kasus ini penulis akan menggunakan url http://www.iskaruji.com/2012/03/koleksi-wallpaper-windows-7-pilihan.html yang hilang dari indeks bersama beberapa url lainnya.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Masukkan url kedalam bar yang disediakan. Pastikan url yang dimasukkan tersebut dalam format 2012/03/koleksi-wallpaper-windows-7-pilihan.html. Karena url utama sudah ada secara default. Jika sudah, klik Fetch.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Tunggu beberapa saat untuk reload hingga muncul tulisan "Submit to index" seperti pada screenshoot berikut.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Jika sudah muncul, klik Submit to index dan akan muncul popup seperti screenshoot dibawah dan klik Submit. Silahkan pelajari lagi perbedaan URL dengan URL and all link page pada screenshoot tersebut.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Jika semua sudah dilakukan maka akan tampak seperti gambar berikut.
Cara Submit URL Blog ke Search Engine Google
  • Selesai.
Walaupun semua yang ditulis diatas sudah dilakukan dengan baik, google tetap saja tidak menjamin setiap url blog yang kita submit ke Search Engine Google akan terindeks.
If you've just added a URL to your site, or a page has significantly changed since the last time it was crawled, you can ask Google to crawl it. (Google doesn't guarantee that we'll index every URL we crawl, however.)
Sebagai kesimpulan bahwa Submit URL Blog ke Search Engine Google secara manual ini hanya sebagai suatu usaha agar bisa terindeks, bukan sebagai kepastian bahwa url tersebut akan terindeks.

Moga manfaat and Happy Blogging!

Referensi : www.iskaruji.com

11 komentar:

thank gan cara submitny, follow sukses 11, follback, sob salam blogger

Author

@m-fahrin : iya sama2 sob . semoga bermanfaat .. sip . salam

ntar saya coba :) makasi! keep update yaaa

Author

@Susan Lolo Bua : iya silahkan . samasama

@Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda : iya salam kenal juga

hmhmhm jujur saya dulu tidak menerapkan gini tetapi terindeks sendiri :D

Komentar Balik Ditunggu :D

Author

@TORAYA SURABAYA : iyah sob biasanya suka terindeks sendiri ini kalo ada sebagian link yg belum terindeks bisa coba pke cara ini

Kalo saya, biar terindex google, saya make' http://blogsearch.google.com/ping
Lebih cepat terindexnya. Itu kalo saya, lho.

#DiTungguKomentarBaliknya :D

Author

iyah sob sama saya juga sudah pake cra itu :D

The site downloads games for free: HOTMAIL LOGIN

Posting Komentar

Cara berkomentar untuk yang tidak memiliki blog/Alamat Url :
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb anda
3. Klik Lanjutkan
4. Isi komentar anda, jika sudah selesai klik publish

Bagi yang tidak mempunyai akun bisa berkomentar melalui Anonymous